Jumat, 14 Februari 2020

Self healing


Oleh: Ustdz. DR. Aisah Dahlan

Sbh proses menyenbuhkan diri dari luka batin. Luka batin adl kepenatan kita menahan gejolak emosi.
Emosi itu bukan marah.
Emosi = bergerak / gerakan menjauh
Marah salah satu dari emosi

Ada 6 emosi negatif
Ada 3 emosi positif
(Gambar di foto)

Semangat merupakan salah satu jenis emosi.

Di dlm otak byk listriknya, klo lg byk pikiran mesti minum. Biar solusi bs terakses kembali. 

Berat badan dibagi 30 (untuk mengetahui brp byk konsumsi air yg perlu diminum) ini minimal yaaa.

Tepuk tangan untuk mengaktifkan otak kiri kanan.
Otak emosi tepat di tengah2, sebesar kepalan tangan. Juga jantung sebesar kepalan tangan.

Sistem limbik ada di hewan mamalia.
Manusia lengkap ada otak mamalia dan otak reptil.
Knp ada rasa ga enak di otak tp kita sll pegang hati ?
Rumahnya di kepala , masuk lewat jantung diperkuat 5000x ,
Jantung ini disepakati sbg qolbu.

Jenis emosi bentuk tangga.

Marah tidak bs hilang , klo mau doa : ya Allah , angkat marahku.

Depresi itu tandanya ada ide bunuh diri.
Org depresi ingetin untuk tarik nafas, jgn disuruh dzikir dulu. Tari napas 3-5x. Klo ud ada air mata dan mulai curhat berarti ud naek ke level yg lbh baik.

Apathy sudah tidak bs keluar air mata.
Di level sedih br bs kita tuntun istigfar.

Klo kesel atau ada mslh sm anak 3x tarik nafas panjang
Klo sm suami 9x tarik nafas panjang

Istigfar dilafazkan ,(jgn ngebatin) bs mengambil oksigen sampai 5 ltr. Ketika melafazkan istigfar Diawal keluarkan karbon dioksida. 
Kalimat Tahlil pun bisa.

Sebut Nama Allah dgn muka indah. Ini mah kita seringnya istigfar sambil mukanya jelek.

Hati2 dampak kalimat tayyibah yg diucap dgn tidak tayyib. Anak2 kita jd demen ngmg : oh My God 😱😅 krn yutuber pd pasang muka happy ketika ngmg OMG.

Ilmu masuk di otak depan. Knp sering lupa ? Krn diblokir otak mamalia dan otak reptil.

Narkoba bikin cpt naek level dari apathy jd damai tp nanti turun lagi ke level apathy. Makanya narkoba itu dilarang.

Org nangis pantang dikasi tissue. Biarin aja kecuali dia mnt tissue sendiri. Gausah dikasi apa2. Mulut diem gausah nasehatin juga. Peluk aja.

Nasehat mulai bs dikasih ketika udah di anak tangga semangat

Klo pny anak perempuan , lg cerita , HARUS perhatikan. Otak perempuan klo lg bicara senang dilihat matanya.

Menikah itu enak bgt. Kesel aja dicatat ibadah, asal istigfar.

Laki2 plg kerja sampai dirumah 10 menit pertama apapun perasaannya pasti pasang muka datar.

Klo suami mukanya datar itu namanya wibawa buibu. Laki2 loadingnya 10 menit.
Sambut dia ketika plg krj ga lbh dr 10 kata. Stlh 10 menit suami itu br bs diajak bicara dan seneng ketika istrinya ada di hadapannya. Jgn ditinggal . Yg dirumahnya blm ada meja kerja khusus buat suami, bikin ya.

Bedanya sm laki2, Perempuan 10detik bs 6x berubah krn hormon progesteron bikin lentur muka kita nih. 

Dari otak turun ke sistem saraf disebarkan ke tubuh. Bdn akan melakukan apa yg diperintahkan otak.

Skrg jaman gadget, anak maen gadget, kita sering ngmg : maen gadget terusss. Di tubuh anak : jd tersebar maen gadget terus. Jadi makin susah berenti.

Hati2 bilang ke anak , anak badung, anak nakal. Klo tetangga bilang anak kita nakal, ga ngefek. Tp klo kita , ibunya sendiri yg bilang , hati2 ya buibu. Ucapkan yg baik2 yaa.

Tubuh manusia ada sinyalnya lho. Ada hukum tarik menarik.

Resapi QS Adz Dzariat 23.

Sumber : Bella, tangerang menyusui

Kamis, 13 Februari 2020

📚 KELUARGA MUSLIM

📆 Kamis, 20 Jumadil Akhir 1441H / 13 Februari 2020
 
📝 Pemateri: Ustadzah DR. Aan Rohanah, Lc. M.Ag.

📋 Mengelola Hati Saat Kecewa Pada Pasangan

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dalam berkeluarga, suami istri, walaupun secara umum bahagia, tapi mungkin pernah juga merasakan kecewa kepada pasangannya, namun rasa kecewanya tidak boleh dibiarkan berkepanjangan agar tidak berakibat luka yg dalam di dalam hati dan juga tidak melukai perasaan pasangan. Kelolala hati untuk bisa seperti itu dg hal2 sbb: 

1. Berusaha menenangkan hati dengan banyak shalat sunnah, berzikir dan membaca Al-Qur'an.

2. Mengadukan rasa kecewa kepada Allah dengan doa untuk kebaikan keluarga 

3. Menerima pasangan apa adanya, dengan segala kekurangannya. 

4. Memaafkan kesalahan pasangan dan memaklumi kekurangannya.

5. Bersabar dan menahan emosi serta menahan lisan dari kekerasan fisik dan psikis. 

6.  Bersikap objektif dalam melihat kesalahan atau kekurangan pasangan.

7. Bersabar saat pasangan berproses untuk berubah menjadi lebih baik.

8. Berpikir realistis, jangan terbawa perasaan berlebihan. 

9.Mengingat-ingat  kembali tujuan awal, visi dan misi menikah bersama pasangan.

10. Bercerita kepada orang yang bisa dipercaya untuk mendapatkan nasihat dan solusi yg baik. 

11. Memikirkan keistimewaan dan kebaikan-kebaikan yang dimiliki pasangan.

12. Mengalihkan rasa kecewa pada kegiatan-kegiatan positif.

13. Belajar memahami lebih banyak tentang karakter pasangan. 

14. Menjalin komunikasi yang lebih baik dengan ucapan maupun perbuatan sehingga bisa merubah kesalahan pasangan tanpa tekanan. 

15. Menuangkan perasaan kecewa pada pasangan dengan tulisan di buku harian.

16. Melakukan evaluasi terhadap kekurangan dan kesalahan pribadi.

17. Menghibur diri dengan banyak melakukan hal yang digemari.

18. Banyak berdoa dengan do'a Rasulullah SAW. 

اللهم إنى اعوذ بك من الهم والحزن واعوذ بك من العجز والكسل واعوذ بك من الجبن والبخل واعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال .

Artinya : 
"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari gundah dan sedih, lemah dan malas, terkalahkan oleh hutang dan tindakan kekerasan musuh".

19. Berfikir positif dan optimis bahwa setiap ada kecewa maka akan ada bahagia jika bisa dikelolola dan diatasi dengan baik.

20. Berusaha untuk terus mendekat kepada pasangan yang sah di rumah dan bukan menjauh darinya serta tidak mencari pelarian pada pasangan lain.

Wallahu a'lam bish showab

Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁

Dipersembahkan oleh: manis.id